Cerita Volume ASI Menurun dan BB Bayi Naik Sedikit

 Pada bulan keempat menyusui, terjadi penurunan kuantitas ASI yang saya peroleh. Ini terjadi sekitar kurun waktu 7 hari, dimana yang biasanya sekali perah bisa mendapat 120-150 ml satu payudara, lalu menurun menjadi 60ml. Bahkan sempat 30 ml saja. Tentu saja, saya heran!

 Ditambah lagi berat badan bayi  naik tak banyak, jujur saja panik. Ada apa ini? Saya pun kemudian koreksi diri. Kok barengan gini sih....

Saya hanya mengira-ira saja, mungkin badan lelah, beberapa kali melewatkan jadwal perah terutama sabtu dan minggu, makan beberapa hari belakangan kurang seimbang, gak minum susu dan minum jamu (ini menurut pengalaman pas anak pertama gitu sih).

Selain itu, mungkin saja bayi selama ditinggal kerja kurang tidur, minum tidak habis, dll.

Bayi gundul


Lalu menyikapinya?

1. Saya ke Dokter Spesialis Anak (DSA) untuk konsultasi. Saya cerita bahwa bayi minum ASI penuh, pada sebulan terakhir ini ditimbang naiknya kok dikit sekali. Disarankan untuk menambah volume minum ASI bayi, jadi sekali minum 180 ml, bayi juga disarankan cek lab.

2. Saya makan sayur lebih banyak dan makan menu lengkap, pokoknya yang gak asal kenyang heheheh.

3. Saya minum susu lagi buat menambah energi plus asupan

4. Saya minum jamu daun pepaya dan beras kencur

5. Saya minum ASI booster kekinian (ya siapa tahu bisa membantu)

6. Pelekatan saat menyusui bayi secara langsung dibenahi

7. Saat saya kerja, tetap memastikan bayi minum ASI dari botol dan dicatat berapa banyak dia minum.

8. Mulai rutin pompa walau banyak libur, minimal sekali dan kalau bisa 2-3 kali di Rumah.

9. Di Sekolah, karena kebetulan sedang libur, walau saya tetap masuk sih, heheh, tetap perah ASI 4 kali. Pokoknya dibisa-bisakan.

10. Minta pijat laktasi. FYI yang mijeti saya suami sama anak pertama hahahah.

Saya kontrol ke DSA itu tepat pada 14 Juni lalu, dan kemudian dengan harap-harap cemas, kemarin (24/06) saya coba timbang BB bayi, yang alhamdulillah ada peningkatan 300 gram. Walau begitu, BB ideal yang ditarget DSA masih harus saya kejar.

FYI, bayi saya lahirnya besar, jadi ketika tiba-tiba naiknya dikit saya gak tenang dan konsultasi ke ahlinya. Saya bersyukur akhirnya bisa konsultasi dengan dokter EDUKATIF di RS Indriati Boyolali, namanya dr. LUSIA. Selain dokter anak, bu Lusia ini juga punya gelar CIMI (Certified Infant Massage Instructor). 

Oya, bayi saya juga dicek lab. Untuk hasilnya sudah keluar, tapi belum saya konsultasikan lagi maksudnya. Nanti kalau ada info, saya lengkapi deh tulisannya.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cerita Volume ASI Menurun dan BB Bayi Naik Sedikit"

Post a Comment

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D